SYARAT MENJADI SEKRETARIS PROFESIONAL
Untuk dapat menjadi sekretaris perlu diperhatikan
syarat-syarat :
1. Syarat
Pendidikan dan Pengetahuan
Pendidikan sekurang-kurangnya
SMK Program Studi Sekretaris, SMU ditambah pendidikan Sekretaris
Mempunyai pengetahuan yang luas misalnya pengetahuan mengenai Organisasi dan Manajemen perusahaan serta masalah dunia bisnis.
Mempunyai pengetahuan yang luas misalnya pengetahuan mengenai Organisasi dan Manajemen perusahaan serta masalah dunia bisnis.
2. Syarat
Ketrampilan
Mampu menguasi dan menggunakan
bahasa Indonesia dengan baik dan benar
Mampu menguasai dan menggunakan minimal satu bahasa Asing terutama Bahasa Inggris baik tulisan maupun pembicaraan
Mampu menguasai dan menggunakan minimal satu bahasa Asing terutama Bahasa Inggris baik tulisan maupun pembicaraan
Mampu melaksanakan tugas-tugas
sebagai sekretaris, seprti menyusun laporan, mengetik surat
Mampu menggunakan mesin-mesin kantor beserta program aplikasinya. Misalnya untuk komputer mampu menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Acces.
Mampu menggunakan mesin-mesin kantor beserta program aplikasinya. Misalnya untuk komputer mampu menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Acces.
Mampu berkomunikasi melalui
Internet, misalnya mengakses data, mengirim/menerima Email dsb.
3. Syarat
Kepribadian
Kepribadian berarti
keseluruhan sifat watak manusia yang baik maupun tidak baik. Kepribadian
sekretaris yang baik digambarkan oleh Prajoedi Atmosudirdjo, yaitu :
bersikap sumeh (charming, simpatik, menyenangkan hati, menawan), pandai berhadapan dengan berbagai macam orang, mempunyai perasaan (intuisi) yang cukup halus dan dapat bersikap “psychologis’ terhadap orang.
bersikap sumeh (charming, simpatik, menyenangkan hati, menawan), pandai berhadapan dengan berbagai macam orang, mempunyai perasaan (intuisi) yang cukup halus dan dapat bersikap “psychologis’ terhadap orang.
Sifat-sifat yang harus
dipunyai untuk mencapai sukses seperti jujur, cepat menanggapi kebutuhan
kondisi, dan cepat memenuhi apa yang diperlukan, suka bekerjasama (kooperatif),
correct (sopan tapi tegas), rajin, teliti, rajin, seksama, berhati-hati (tidak
sembrono), dapat menyesuaikan diri pada perubahan-perubahan kondisi, dan simpatik
kepada pegawai lainnya.
Sifat yang tidak disukai
adalah cepat marah, congkak, ketus, sebentar-sebentar lihat jam, senang berdesas-desus,
jahil, usil, sok tahu, kurang ajar, kaku, formal “sok resmi”, merampas
pekerjaan orang lain, tidak sabar, pelupa, lalai, ceroboh, lamban dan lekas
bosan.
Sikap perbuatan sekretaris selama bekerja adalah : ketelitian (accuracy), pertimbangan/perhitungan sebelum melakukan tindakan (good judgement), menyelesaikan pekerjaan secara sempurna (follow through), panjang akal (resourcefulnes), inisitatif/prakarsa (initiative)
Sikap perbuatan sekretaris selama bekerja adalah : ketelitian (accuracy), pertimbangan/perhitungan sebelum melakukan tindakan (good judgement), menyelesaikan pekerjaan secara sempurna (follow through), panjang akal (resourcefulnes), inisitatif/prakarsa (initiative)
Tips Menjadi Sekretaris Yang Baik
1. Menampilkan
Citra Perusahaan
Citra perusahaan adalah hal
yang harus di junjung tinggi, karena sekretaris adalah tangan kanan dan
kepercayaan langsung bagi seorang Boss, seorang sekretaris harus menampilkan
citra perusahaan yang baik.
2. Baik
dan Bertanggung Jawab
Sekretaris harus ramah, baik,
dan punya sopan santun serta punya karakter yang tegas dan rasa tanggung jawab
yang tinggi. Sekretaris tidak hanya baik terhadap Boss, tetapi harus baik
kepada relasi dan kawan sekantor.
3. Pandai
Menjaga Rahasia
Sebagai orang kepercayaan
sekaligus tangan kanan Boss, sekretaris harus pandai mejaga rahasia perusahaan
dan menjunjung tinggi loyalitas terhadap perusahaan.
4. Tidak
Gaptek
Sekretaris harus lah mempunyai
wawasan luas di bidang nya, selalu up date dalam segala hal seperti kemajuan
teknologi.
5. Tahu
Accounting dan Pembukuan
Dua hal ini penting bagi
seoarang sekretaris agar dapat dengan mudah melakukan pembukuan kantor.
6. Mampu
Berbahasa Asing
Menguasai bahasa asing adalah
nilai tambah yang harus di miliki oleh seorang sekretaris. Karena biasanya sang
Boss selalu mengajak meeting sekretarisnya untuk mencatat hasil meeting ( MOM )
munite of meeting, kemudian mengirimkan hasil meeting ke relasi lain.
7. Mempelajari
Karakter Boss
Agar tidak selalu salah dalam
mengambil keputusan , sekretaris harus mengenali karakter atasanya. Dalam kurun
waktu tertentu sekretaris dapat mempelajari sifat atasan.
8. Mempunyai
Etika yang Baik
Sekretaris harus memiliki
etika yang baik dalam berbicara, duduk,dan makan karena itu mencerminkan
sekretaris yang professional dan mengangkat citra perusahaan.
9. Pandai
Berbicara di Depan Publik
Seorang sekretaris harus
mempunyai keberanian berbicara di depan publik, kadang seorang atasan menyuruh
seorang sekretaris menggantikan meeting atau pun pertemuan dengan relasi lain,
maka sekretaris harus siap mental dalam hal ini.
10. Seorang Sekretaris Harus SMART
No comments:
Post a Comment