Friday 11 April 2014

ETIKA BERTELEPON DALAM BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS



ETIKA BERTELEPON

Beberapa yang harus diperhatikan sebelum melakukan panggilan adalah sebagai berikut:
1.      Pastikan nomor telpon tujuan anda sudah benar supaya tidak terjadi salah sambung.
2.      Setelah telepon terhubung, maka tunggu sampai berbunyi nada sambung selama 3-4 kali, jika tidak ada yang mengangkat maka segera tutup telpon berarti disana tidak ada orang dan silahkan ulangi lagi setelah 5-10 menit lagi.
3.      Jika sudah ada yang mengangkat telpon, biarkan penerima telpon berbicara terlebih dahulu, biasanya jika perusahaan yang memakai operator profesional maka akan menjawab dengan menyapa, menyebutkan nama perusahaan dan siapa yang berbicara.
4.      Berbicara dengan suara secukupnya artinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil, karna jika terlau keras bisa menggangu orang disekitar anda jika terlalu kecil mungkin penerima susah mendengar suara anda.
5.      Setelah itu baru giliran anda berbicara dan tanyakan apa dan siapa yanganda cari dengan jelas dan singkat mulai dari nama orangnya dan jabatan atau departemennya dan sebutkan juga nama anda dan dari mana.
6.      Jika yang anda cari orangnya ada, maka mungkin akan segera disambungkan dan disuruh menunggu beberapa saat, jika orang yang anda cari tidak ada maka mungkin anda akan ditanya apakah ada pesan untuk yang dicari.
7.      Ingat juga waktu bicara jangan sampai lebih dari 5 menit, karna ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem mati secara otomatis jika sudah menelpon lebih dari 5 menit.
8.      Jika sudah mau mengakhiri percakapan jangan lupa bilang terimakasih dan anda harus menutup telpon karna anda yang menelpon.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meneriman panggilan telpon jika kamu tidak tahu dengan siapa nantinya kamu berbicara adalah sebagai berikut:
1.      Jangan biarkan telepon berdering terlalu lama karna mungkin ada juga orang yang tidak tahu etika menelpon seperti yang saya jelaskan diatas, telpon itu berdering maksimal sampai 3-4 kali.
2.      Pastikan anda berbicara dengan nada yang bersahabat, tidak terlalu keras dan tidak juga terlalu kecil, jika yang menelpon sudah bicara mau apa dan mencari siapa dan dimana, mungkin kamu bisa menyakan siapa yang menelpon dan dari mana.
3.      Pastikan anda memberi informasi yang benar atas apa yang penelpon inginkan, jika yang dicari ada maka langsung sambungkan, jika tidak ada mungkin anda bisa menyuruh menelpon beberapa saat lagi dan minta tinggalkan pesan.
4.      Jangan pernah menutup telpon kalau penelpon belum menutup telponnya terlebih dahulu, mungkin dibelakang penelpon ingin berbicara lagi karna sebelumnya kelupaan.
5.      Biasakan bilang terimakasih dan menyapa penlepon sebelum menutup percakapan.


ETHICS TELEPHONE

Some of that must be considered before making a call is as follows:
1.      Make sure your destination phone number is correct a wrong that does not happen.
2.      Once the phone is connected, then wait for the dial tone goes off for 3-4 times, if no one answered the phone immediately cover means there is no one and please try again after 5-10 minutes.
3.      If there is picking up the phone, let the phone speak first recipient, usually if the company is taking the professional operator will answer with a hello, mentioning the name of the company and who is speaking.
4.      Speaking in a voice loud enough means not too small and not too, because if just too hard could disturb people around you if it is too small it may be difficult to hear the sound of your receiver.
5.      After that you turn to speak and ask what and who yanganda looking clearly and concisely from the person's name and job title or department and also mention your name and from where.
6.      If the person you're looking for there, then it may be immediately disconnected and told to wait a while, if the person you are looking for is not there then maybe you will be asked if there is a message for the search.
7.      Remember also talk time should not be more than 5 minutes, because there are some companies that use the system off automatically if it is called more than 5 minutes.
8.       If it is going to end the conversation do not forget to say thank you and you have to shut your phone because the call.

Some things to consider before receives phone calls if you do not know with whom will you speak is as follows:
1.      Do not let the phone ring too long because maybe there are also people who do not know the ethics of calling as I explained above, the phone rang a maximum of up to 3-4 times.
2.      Make sure you speak with a friendly tone, not too loud and not too small, if the call has been willing to talk and find out who and what's where, perhaps you can It asks who is calling and from where.
3.      Make sure you provide correct information about what the caller wants, if you are looking for there is then a direct connect, if no maybe you can tell it to call and ask a few more moments leave a message.
4.      Never hang up if the caller has not hung up first, maybe behind the caller wants to speak again because before forgetfulness.
5.      Make a habit of saying thank you and greet penlepon before closing the conversation.

No comments:

Post a Comment