ETIKA
BERTELEPON
Beberapa
yang harus diperhatikan sebelum melakukan panggilan adalah sebagai berikut:
1. Pastikan nomor telpon tujuan anda
sudah benar supaya tidak terjadi salah sambung.
2. Setelah telepon terhubung, maka
tunggu sampai berbunyi nada sambung selama 3-4 kali, jika tidak ada yang
mengangkat maka segera tutup telpon berarti disana tidak ada orang dan silahkan
ulangi lagi setelah 5-10 menit lagi.
3. Jika sudah ada yang mengangkat
telpon, biarkan penerima telpon berbicara terlebih dahulu, biasanya jika
perusahaan yang memakai operator profesional maka akan menjawab dengan menyapa,
menyebutkan nama perusahaan dan siapa yang berbicara.
4. Berbicara dengan suara secukupnya
artinya tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil, karna jika terlau keras
bisa menggangu orang disekitar anda jika terlalu kecil mungkin penerima susah
mendengar suara anda.
5. Setelah itu baru giliran anda
berbicara dan tanyakan apa dan siapa yanganda cari dengan jelas dan singkat
mulai dari nama orangnya dan jabatan atau departemennya dan sebutkan juga nama
anda dan dari mana.
6. Jika yang anda cari orangnya ada,
maka mungkin akan segera disambungkan dan disuruh menunggu beberapa saat, jika
orang yang anda cari tidak ada maka mungkin anda akan ditanya apakah ada pesan
untuk yang dicari.
7. Ingat juga waktu bicara jangan
sampai lebih dari 5 menit, karna ada beberapa perusahaan yang menerapkan sistem
mati secara otomatis jika sudah menelpon lebih dari 5 menit.
8. Jika sudah mau mengakhiri percakapan
jangan lupa bilang terimakasih dan anda harus menutup telpon karna anda yang
menelpon.
Beberapa hal
yang harus diperhatikan sebelum meneriman panggilan telpon jika kamu tidak tahu
dengan siapa nantinya kamu berbicara adalah sebagai berikut:
1. Jangan biarkan telepon berdering
terlalu lama karna mungkin ada juga orang yang tidak tahu etika menelpon
seperti yang saya jelaskan diatas, telpon itu berdering maksimal sampai 3-4
kali.
2. Pastikan anda berbicara dengan nada
yang bersahabat, tidak terlalu keras dan tidak juga terlalu kecil, jika yang
menelpon sudah bicara mau apa dan mencari siapa dan dimana, mungkin kamu bisa
menyakan siapa yang menelpon dan dari mana.
3. Pastikan anda memberi informasi yang
benar atas apa yang penelpon inginkan, jika yang dicari ada maka langsung
sambungkan, jika tidak ada mungkin anda bisa menyuruh menelpon beberapa saat
lagi dan minta tinggalkan pesan.
4. Jangan pernah menutup telpon kalau
penelpon belum menutup telponnya terlebih dahulu, mungkin dibelakang penelpon
ingin berbicara lagi karna sebelumnya kelupaan.
5. Biasakan bilang terimakasih dan
menyapa penlepon sebelum menutup percakapan.
ETHICS TELEPHONE
Some
of that must be considered before making a call is as follows:
1. Make sure your destination phone
number is correct a wrong that does not happen.
2. Once the phone is connected, then
wait for the dial tone goes off for 3-4 times, if no one answered the phone
immediately cover means there is no one and please try again after 5-10
minutes.
3. If there is picking up the phone,
let the phone speak first recipient, usually if the company is taking the
professional operator will answer with a hello, mentioning the name of the
company and who is speaking.
4. Speaking in a voice loud enough
means not too small and not too, because if just too hard could disturb people
around you if it is too small it may be difficult to hear the sound of your
receiver.
5. After that you turn to speak and ask
what and who yanganda looking clearly and concisely from the person's name and
job title or department and also mention your name and from where.
6. If the person you're looking for
there, then it may be immediately disconnected and told to wait a while, if the
person you are looking for is not there then maybe you will be asked if there
is a message for the search.
7. Remember also talk time should not
be more than 5 minutes, because there are some companies that use the system
off automatically if it is called more than 5 minutes.
8. If it is going to end the conversation do not
forget to say thank you and you have to shut your phone because the call.
Some
things to consider before receives phone calls if you do not know with whom
will you speak is as follows:
1. Do not let the phone ring too long
because maybe there are also people who do not know the ethics of calling as I
explained above, the phone rang a maximum of up to 3-4 times.
2. Make sure you speak with a friendly
tone, not too loud and not too small, if the call has been willing to talk and
find out who and what's where, perhaps you can It asks who is calling and from
where.
3. Make sure you provide correct
information about what the caller wants, if you are looking for there is then a
direct connect, if no maybe you can tell it to call and ask a few more moments
leave a message.
4. Never hang up if the caller has not
hung up first, maybe behind the caller wants to speak again because before
forgetfulness.
5. Make a habit of saying thank you and
greet penlepon before closing the conversation.
No comments:
Post a Comment