Sunday 13 October 2013

RISOGRAPH

RISOGRAPH
Risograph adalah sistem cetak digital dengan kecepatan tinggi yang diproduksi oleh Kagaku Riso Corporation dan dirancang terutama untuk pencetakan volume tinggi dan fotokopi. Mesin Risograph sering disebut dengan RISO Printer-Peniru, karena penggunaan umum mereka sebagai jaringan printer serta berdiri sendiri duplikator. Ketika mencetak atau menyalin beberapa naskah dengan jumlah biasanya lebih dari 20. Mesin risograph berfungsi untuk membuat copy untuk jumlah yang besar dengan menggunakan master copy, dapat memperbesar dan memperkecil, serta dapat merubah warna sesuai keinginan.
A.    Macam-Macam Mesin Risograph
1.    Mono-color.
2.    Single color.
3.    Multi Color.
4.    Full Color.
B.    Cara Pengoperasian
1.    Buatlah master cetakan dengan cara meletakan dokumen asli ke area scanner pada mesin risograph.
2.    Setelah master selesai dibuat pastikan sample cetakan sudah sesuai dengan setingan yang diinginkan.
3.    Masukan kertas pada baki.
4.    Mulai memproses cetakan dan jangan lupa atur kecepatan cetaknya.
C.    Keunggulan Mesin Risograph
1.    Berkemampuan sampai 120 lembar permenit.
2.    Dapat mengcopy dengan menggunakan kertas tipis (46 gram)hingga kertas tebal (120 gram) dengan menggunakan master khusus yang dibuat pada mesin itu juga secar elektronik.
3.    Dapat memperbesar atau memperkecil, menggabungkan dua original dan tintanya dapat diganti warna menurut selera (biru, hitam, coklat, merah atau hijau)
4.    Efisien untuk mengganda dokumen dalam jumlah besar dan tenaga listrik yang diperlukan kurang dari 500 watt.



D.   Kekurangan risograph
·         1. Harganya mahal.
·        2. Hanya efektif untuk mencetak dalam jumlah yang banyak
      3. Ukuran mesinnya besar dan berat.

E.    Bagian-Bagian Mesin Risograph
1.    Meja pemasukan adalah kertas yang ada di meja pemasukan akan di tarik oleh dua buah rol yaitu scapper rol dan pick up rol.
2.    Printing adalah kertas akan melewati dua bagian yg akan melakukan proses cetak yaitu bagian atas di sebut drum dan  bagian bawah disebut press rol.
3.    Meja pengeluaran adalah kertas akan keluar melewati meja ini dan akan di taril melalui belt dan fan yg menghembuskan udara shingga cetakan cepat kering.

1 comment: