Sunday 13 October 2013

CONTOH DRAMA TEMA CITA CITA

CITA-CITAKU

1.    Apri Ratnasari        (05)    sebagai Apri
2.    Azri Yulianandaziwi    (06)    sebagai Azri
3.    Erni Lestari        (10)    sebagai Erni
4.    Heni Puji Astuti        (14)    sebagai Heni
5.    Indra Riyani        (16)    sebagai Guru

Bel tanda masuk sekolah berbunyi. Kebetulan pagi itu pelajaran pertama adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Ibu guru segera masuk ke kelas.
Guru    : Selamat pagi anak-anak !
Siswa    : Selamat pagi, Bu !
Guru    : Mari kita lanjutkan pelajaran kita minggu lalu. Minggu lalu, kita membahas materi
tentang cita-cita. Saya ingin tahu, cita-cita kalian itu apa sih ?
Apri    : Saya ingin jadi penyanyi, Bu !
Azri    : Aku jadi dancer aja !
Erni    : Kalau aku sutradara.
Heni    : Aku aktris, Bu.
Guru    : Baik-baik. Cita-cita kalian tinggi sekali ya ! Hebat ! Sekarang begini, saya beri
  tugas kalian untuk membuat teks percakapan yang nanti nilainya akan dimasukkan
kedalam nilai ujian praktek.
Azri    : Tugasnya individual atau kelompok ?
Guru    : Kelompok saja, satu kelompok 4 orang.
    Semua anak-anak sibuk menentukan kelompoknya masing-masing. Hanya tinggal Apri, Azri, Erni dan Heni yang belum mendapatkan kelompok.
Azri    : Bu, aku gak mau kalau harus satu kelompok dengan mereka !
Guru    : Lho, memangnya kenapa !
Azri    : Pokoknya enggak !!!
Guru     : Terus, kamu inginnya dengan siapa ? Semua temanmu sudah punya kelompok  
masing-masing. Jadi, mau tidak mau kamu harus dengan mereka ! Kalau tidak,
kamu tidak akan mendapatkan nilai !
Azri    : Iya-iya. (marah)
    Keempat anak itu lalu membuat percakapan.
Erni    : Sekarang aku yang jadi sutradaranya.
Heni    : Ya sudah, tidak apa-apa. Aku yang jadi aktrisnya.
Apri    : Ok. Aku jadi penyanyi ya !
      Kamu jadi apa Zri ?
Azri    : Tahu ahh. Gelap.
Heni    : Kok gelap ? Terang benderang begini kok gelap.
Azri    : Masalah buat loe ?
Heni    : Tahu ahhh, gelap.
Apri    : Sudah ! Ayo kita mulai.

    Mereka akhirnya menentukan tema yang akan dipilih.
Erni    : Sekarang kita mau pilih tema apa ?
Heni    : Sinetron saja !
Apri    : Jangan, menyanyi saja !
Azri    : Kok itu sih ? Aku gak suka.
Guru    : Ehh... itu kenapa kok malah ribut-ribut.
Azri    : Ini lho Bu, cuma nentuin tema aja susah. Gimana kalau cari di internet, Bu ?
Guru    : Tidak. Kalian harus berkreasi sendiri !
Erni    : Begini saja, Bu. Saya saja yang menentukan temanya.
Guru     : Baiklah Erni.
   
    Akhirnya keempat anak tersebut sudah mendapatkan tema yang tepat dan langsung membuat kerangka ceritanya. Setelah selesai, seminggu kemudian kelompok mereka maju untuk dinilai.
Erni    : Siap, kamera, rolling, eksen !
Apri    : (menyanyi “Kita Selamanya”)
Erni    : Cut. Ganti !

    Tiba-tiba Azri masuk dan tanpa aba-aba dia langsung ngedance di hadapan sutradara.
Erni    : Heh.. kamu itu ngapain, main masuk-masuk aja.
Azri    : Katanya tadi ganti, ya saya langsung masuk.
Erni    : Itu maksudnya ganti lagu.
Azri    : Sudahlah gak papa, lanjutkan saja ya.

    Mendengar kata lanjut Heni langsung masuk.
Erni    : Ini lagi, ngapain kamu ?
Heni    : Lah, tadi lanjut. Berarti saya kan ?
Erni    : Haduh ! Ya sudah. Sekarang Apri kamu menyanyi “Harus Terpisah”. Kamu Azri
  dan Heni ngedance dan ekting ngikutin lagunya ya.
HeAz    : Ha.....
Erni    : 3 2 1, rolling, eksen !

    Mereka berhasil memperagakan dengan sangat baik.
Erni    : Bagus-bagus kalian memang berbakat.
Azri    : Iya, terima kasih sekarang saya sudah menyadari bahwa bekerja sama itu dapat
  menghasilkan hasil yang baik dan juga dalam berteman kita tidak boleh milih-milih.
Guru    : (tepuk tangan) hebat. Kreasi kalian sangat bagus.
All    : Terima kasih, Bu.

    Akhirnya keempat anak itu menyadari bahwa kerjasama itu sangat penting.

No comments:

Post a Comment