Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang di tawarkan
oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen, yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki,
sedangkan pelayanan prima merupakan terjemahan dari istilah ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan yang sangat
terbaik, karena sesuai dengan standart pelayanan yang berlaku atau dimiliki
oleh instansi yang memberikan pelayanan.
1.
Tujuan Pelayanan Prima
Dalam
dunia bisnis atau instansi pemerintah sering kita mendengar kalimat “utamakan
pelayanan terhadap para tamu/pelanggan”, yang berarti senantiasa memerhatikan
dan melayani kebutuhan pihak pengguna barang/jasa ataupun masyarakat luas/konsumen
dengan melakukan proses layanan yang baik sesuai yang diinginkan masyarakat
atau pelanggan tersebut.
Ada beberapa hal pokok
yang menjadi tujuan pelayanan prima, yaitu:
a.
Untuk
menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
b.
Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan
diperhatikan segala kebutuhannya.
c.
Untuk
mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang/ jasa yang kita
tawarkan.
2.
Menurut
Barata, pelayanan prima (service
excellent) terdiri dari enam unsur pokok, antara lain:
a. Kemampuan (ability)
Kapasitas
seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.
b.
Sikap (attitude)
Bagaimana kita suka / tidak suka terhadap
sesuatu dan pada akhirnya menentukan perilaku kita.
c.
Penampilan
(appearance)
Gambaran
diri yang berarti penilaian diri seseorang dilihat pertama kali dari
pemanpilannya.
d. Perhatian (attention)
Dengan suatu perhatian
seseorang bisa memberikan suatu suport yang sangat bearti bagi orang yang
diperhatikan.
e. Tindakan (action)
Sesuatu yang dilakukan, perbuatan atau tindakan yg
dilaksanakan untuk mengatasi sesuatu
f.
Tanggung
jawab (accounttability)
Mempertanggungjawabkan semua pekerjaannya, kesadaran akan tingkah laku atau
perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja, tanggung jawab juga
berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
3.
Jenis-Jenis Pelayanan Prima
a. Pelayanan Prima Terhadap
Pelanggan Internal
Pelanggan
internal adalah orang-orang
yang terlibat dalam proses produksi barang/jasa sejak mulai perencanaan,
penciptaan, atau pembuatan barang sampai dengan pemasaran dan penjualan serta
pengadministrasiannya
b. Pelayanan Prima Bagi Pelanggan
Eksternal
Pelanggan
eksternal adalah semua pihak atau orang-orang yang berada diluar perusahaan
atau diluar instansi pemerintah, yag menerima pelayanan dan membeli barang/jasa
yang dihasilkan suatu perusahaan.
1. Kemampuan (ability)
a.
Memiliki pengetahuan
sesuai bidang tugas
b.
Memiliki
keterampilan sesuai bidang tugas
c.
Memiliki
daya kreativitas yang tinggi
d.
Memahami
cara berkomunikasi yang baik
e.
Memahami
cara memposisikan diri dalam berbagai situasi agar dapat beradaptasi dengan
lingkungan
f.
Mampu
mengendalikan emosi
2. Sikap (attitude)
a.
Melayani
pelanggan berdasarkann penampilan yang sopan dan serasi
b.
Melayani
pelanggan dengan berpikiran positif, what dan logis.
c.
Melayani
pelanggan dengan sikap menghargai.
3. Perhatian (Attention)
a.
Mendengarkan
dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan.
b.
Mengamati
dan menghargai perilaku para pelanggan.
c.
Mencurahkan
perhatian penuh kepada para pelanggan.
4. Tindakan (Action)
a.
Mencatat
setiap pesanan para pelanggan.
b.
Mencatat
kebutuhan para pelanggan.
c.
Menegaskan
kembalii kebutuhan para pelanggan.
d.
Mewujudkan
kebutuhan para pelanggan.
e. Menyatakan terima kasih dengan
harapan pelanggan mau kembali.
5. Tanggung iawab ( Accountability).
Pada dasarnya setiap perusahaan yang
melakukan program pelayanan prima maka akan menciptakan kepuasan pelanggan.
Pelanggan yang memperoleh kepuasan dalam pelayanan merupakan modal dasar bagi
perusahaan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Maka dari itu setiap personal
dalam sebuah perusahaan mempunyai keharusan dalam mempunyai kemampuan untuk
mengembangkan sikap pelayanan prima
Jika perumpamaan pada perusahaan
memiliki karyawan yang bermotivasi dan berkemampuan tinggi, tentu banyak orang
yang beranggapan bahwa tentu kinerja akan meningkat/tinggi.
No comments:
Post a Comment