Saturday 15 February 2014

JENIS-JENIS ALAT MUSIK



Angklung adalah alat musik multitonal ( bernada ganda )  yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan ( bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu ) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe ( purwarupa ) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang ( wilahan, bilah ) dari ruas – ruas ( tabung bambu ) yang tersusun menurut titi laras ( tangga nada ) pentatonik ( da-mi-na-ti-la ).

Selompret adalah salah satu bentuk alat musik tiup logam paling sederhana, dengan tidak memiliki katup maupun alat pengubah titi nada lainnya. Semua konrol nada dilakukan oleh variasi gerakan bibir, dikarenakan selompret tidak memiliki mekanisme lain untuk mengontrol nada. Akibatnya, suara selomptret terbatas pada note dalam seri harmonik.

Bonang adalah alat musik yang digunakan dalam gamelan jawa. Bonang juga merupakan instrumen melodi terkemuka di Degung Gamelan Sunda.


Kecapi merupakan alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda atau Mamaos Cianjuran dan kacapi suling. Kata kacapi dalam bahasa sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kecapi.

Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini.


Kendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrumen ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon / kebar.

Rebab adalah dalam gamelan Indonesia mengolaborasi dan menghiasi melodi dasar. Ini tidak harus sesuai persis dengan skala instrumen gamelan lainnya dan dapat dimainkan dalam waktu yang reatif bebas, penyelesaian frasa setelah dentuman dari gong ageng. Rebab juga sering memainkan buka yang saat itu adalah bagian ansambel.

Saron atau yang biasanya disebut juga ricik. Ricik adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan. Saron menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Tubuh saron biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu.

Seruling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara seruling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.

Celempung merupakan alat musik yang terbuat dari hinis bambu yang memanfaatkan gelombang resonansi yang ada dalam ruas batang bambu. Alat pemukulnya terbuat dari bahan bambu atau kayu yang ujungnya diberi kain atau benda tipis agar menghasilkan suara nyaring.

Kendang adalah salah satu alat musik dalamgamelan jawa yang berfungsi mengatur irama dan termasuk dalam “membranofon” yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput kulit atau bahan lainnya.

Bonang adalah alat musik tradisional Pulau Jawa. Adalah sekumpulan gong kecil yang disusun secara horisontal dan ditabuh dengan stik. Dua macam bonang yaitu pelog dan slendro.

Rebana ialah sejenis alat musik tradisional yang sering dimainkan bagi mengiringi lagu – lagu budaya. 

Terompet reog merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring saat pertunjukan reog ponorogo.

Kempul merupakan instrumen gamelan yang bertugas pada bagian irama. Bentuknya seperti pencon, bonang barong bagian bawah yang bergantung pada gayor, akan tetapi ukurannya besar – besar.

No comments:

Post a Comment